Dalam Rangka Pencegahaan Penyebaran Covid-19 Personel Polsek Lakbok Polres Ciamis Bersama TNI Koramil 1315/Lakbok Gelar Operasi Yustisi Disiplin Penggunaan Masker

Jurnalpolisi.co.id-Ciamis

Ciamis – Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, Personel Gabungan TNI-Polri dan Pemerintah menggelar operasi yustisi penegakan disiplin penggunaan masker. Kali jajaran personel Polsek Lakbok Polres Ciamis Polda Jabar bersama Koramil 1315/Lakbok dan Pemerintah Kecamatan Lakbok melaksanakan operasi yustisi di dua pasar di Wilayah Hukum Polsek Lakbok, pada Rabu (16 September 2020).

Operasi ini digelar dalam rangka untuk menegakan disiplin penggunaan masker terhadap warga masyarakat khususnya di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran untuk selalu menggunakan masker pada masa pandemi Covid-19.

“Hari ini kami petugas gabungan menggelar operasi yustisi di dua Pasar yakni Pasar Kalapasawit dan Pasar Sidaharja. Dipilihnya pasar karena tingkat keramaian dan terjadinya kerumunan sehingga mengakibatkan timbulnya cluster baru, dan itu kami antisipasi betul dengan operasi yustisi penegakan disiplin penggunaan masker,” ujar Kapolsek Lakbok, Iptu Agus Hartatdin, SH., saat ditemui disel-sela kegiatan.

Kapolsek menjelaskan, personel yang dilibatkan dalam operasi yustisi tingkat Polsek Lakbok sejumlah 19 personel gabunga. Mereka terdiri dari 7 orang personel Koramil 1315/Lakbok, 6 personel Polsek Lakbok, 2 Satpol PP Lakbok atau Bina Desa, 2 PKM Lakbok, 1 anggota Pemuda Pancasila Lakbok, dan 1 anggota Banser.

“Mereka ditugaskan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat untuk mematuhi/mentaati protokol kesehatan. Salah satunya penggunaan masker,” tegasnya.

Kapolsek mengungkapkan, petugas masih menemukan warga dan pengendara motor maupun mobil yang tidak menggunakan masker. Sebagai efek jera, mereka diberikan sanksi sosial berupa teguran baik lisan maupun pencatatan data serta diminta untuk menggunakan masker.

“Pengendara roda 2 sebangak 12 orang, Roda 4 ada 4 orang, pejalan kaki 6 orang, dan pedagang pasar sebanyak 11 orang,” imbuhnya.

Kapolsek berharap, dengan dilaksanakan operasi ini warga masyarakat semakin patuh dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Cegah Covid-19 ingat selalu protokol kesehatan yang 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Itu semua guna menutus rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini masih mewabah,” tandasnya.

(Rustandi.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − four =