Kapolres Ciamis Polda Jabar Beserta Jajaran Giat Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota OPS Praja Lodaya 2020 Bersama Dandim 0613 Ciamis

Jurnalpolisi.co.id-Ciamis

Ciamis – Guna menjaga kondusifitas selama pelakaanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Ciamis, Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota Ops Mantap Praja Lodaya 2020 di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis, Jl. Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (8 September 2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kaplres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., yang diwakili Danramil Cikoneng Kapten Inf Bambang, Wakapolres Ciamis, Kompol H. Hidayatullah, SH., S.I.K., Kabag Ops Polres Ciamis, AKP Yopy Mulyawan S., S.Pd., S.I.K., seluruh Pejabat Utama Polres Ciamis dan jajaran Kapolsek Polres Ciamis yang berada di wilayah Kabupaten Pangandaran. Selain itu turut hadir perwakilan KPU dan Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Satpol PP Kabupaten Pangandaran, Damkar Kabupaten Pangandaran, Dishub Kabupaten Pangandaran dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Pangandaran.

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., menyampaikan pelaksanaan sispamkota bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas selama tahapan Pilkada Kabupaten Pangandaran. Dalam TFG itu, puluhan personel gabungan disiapkan untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Pangandaran tahun 2020.

“Kita ingin mempersiapkan diri agar nantinya seluruh kegiatan yang berpotensi menghadirkan gangguan bisa kita antisipasi,” ungkap Kapolres.

Saat TFG digelar, Kapolres menjelaskan, masing-masing ketua tim maupun Kasatgas pengamanan Pilkada kabupaten Pangandaran menyampaikan pemaparan tentang mekanisme pengamanan, dari mulai ketegori situasi hijau, kuning hingga merah. Petugas mensimulasikan beberapa objek vital milik Negara yang dijaga jika ada gangguan atau unjuk rasa, dari pendukung pasangan calon yang kurang puas dengan hasil pilkada. Petugas pun mengantisipasi dengan cermat tentang potensi gangguan yang ditimbulkan.

“Kita ingin mempersiapkan diri. Agar kedepannya kita tahu apa yang harus kita laksanakan,”

Kapolres berharap melalui sispamkota yang sudah dilaksanakan, setiap personel mengetahui tugasnya di lapangan. Karena saat TFG dilaksanakan, petugas menyiapkan titik-titik yang harus dijaga dan diantisipasi, nanti dia bertugas dimana dari TFG ini sudah difahami bersama.

Kapolres berpesan, kepada seluruh petugas untuk mempersiapkan pengamanan dengan cermat karena kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Para perwakilan yang hadir, lanjut dia, untuk segera disampaikan kembali kepada anggota lainnya. “Untuk itu semua harus dipersiapkan,” pesannya.

Kapolres menambahkan, Pilkada saat ini berbeda dengan sebelumnya, karena digelar di tengah pandemi virus covid-19 yang mengguncang dunia. Pelaksanannya pun dipastikan berbeda dengan Pilkada sebelumnya, dirinya juga berpesan agar petugas yang mengawal calon agar dilatih dan mengedepankan netralitas.

“Pengawalan calon yang mengawal perlu dilatih, harus juga ditekankan terkait netralitas yang mengawal, semua anggota Polri harus netral. Kami minta untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan selalu edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan yang 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir. Saya berharap kerjasama dukungan semua pihak untuk meminimalisi penyebaran Covid-19 selama Pilkada,” tandasnya.

(Rustandi.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 18 =