Brimob Cirebon Sahabat Anak, Edukasikan Tentang Protokol Kesehatan, Sebagai Wujud Bakti Brimob

Jurnalpolisi.co.id- Cirebon,

Pandemi virus covid-19 yang belum usai membuat kita harus beradaptasi dengan tatanan kehidupan normal yang baru atau kerap disebut New Normal.

New normal dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang di aplikasikan diberbagai tempat, seperti wajib menggunakan masker, physical distancing, wajib mencuci tangan dengan air mengalir dengan antiseptik dengan selalu menjaga kebersihan dan di anjurkan tidak bersalaman atau kontak fisik secara langsung.

Ditempat lain, Komandan Satuan Brimob Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K.,  mengatakan, “Terus berikan edukasi protokol kesehatan tentang cara pencegahan penyebaran virus ini kepada seluruh lapisan masyarakat baik tingkat anak – anak, orang dewasa, hingga pada lansia, yang diawali penerapan dari keluarga kita sendiri, pandemi dari virus covid-19 atau corona ini dalam penyebarannya tidak menentukan batas usia, hal ini juga tidak menutup kemungkinan terinfeksinya pada anak – anak dan keluarga kita”.

Seperti yang dilaksanakan oleh Aipda Abdul Ghofur angota Brimob yang berdinas pada kesatuan Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar , pada tugas dinasnya melaksanakan sambang ke sekolah yang sedang melaksanakan kegiatan membagikan nilai Raport. Rabu (24/6/2020

Di sela menunggu kegiatan sekolah membagikan nilai Raport, Aipda Abdul Ghofur memberikan edukasi kepada murid Sekolah Dasar tentang protokol kesehatan yaitu tata cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai anjuran yang ditetapkan medis dan Organisasi Kesehatan Dunia WHO.

“Ayo anak – anak nanti diterapkan di rumah ya..?,” Ujar Aipda Abdul Gjofur menyampaikan kepada anak – anak murid SD tersebut bahwa dalam mencuci tangan tidak cukup dengan air saja dan ingat nanti kita hendaknya mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan pada air mengalir.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengatakan, “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar terhadap masyarakat yang terdampak Covid–19”.

Masih banyak orang diluar sana yang mencuci tangan menggunakan air saja, padahal mencuci tangan hanya menggunakan air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Kebersihan tangan menjadi sangat penting pada pandemi virus covid-19. Pasalnya, peluang terbesar dari penularan virus ini datang dari bagian tubuh tersebut.

Virus Corona yang menyebar mengakibatkan gangguan pernapasan, virus ini bisa masuk melalui area segitiga wajah, seperti mata, hidung dan mulut adalah bagian yang mudah tersentuh tangan, disadari maupun tidak sadari.

Itulah mengapa, mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh atau bersalaman dengan orang lain, sangat penting. Sebab, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir efektif untuk membersihkan kuman, bakteri dan virus.

Hal itu jadi satu di antara cara agar kita terhindar dari risiko terinfeksi virus Corona sekaligus membantu pencegahan penyebaran virus covid-19 terlebih pemerintah dalam hal ini sudah memberikan status tatanan kehidupan normal baru, dimana kita diharapkan tidak untuk di himbau lagi dalam menerapkan protokol kesehatan melainkan wajib dari kesadaran diri sendiri untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena dalam fase ini peluang terinfeksi covid-19 lebih besar terbuka.

“Ini merupakan bentuk Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid–19″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

(Cepi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *