Bupati Ciamis Seleksi Calon Pimpinan Baznas Terpilih Harus Membangun Kepercayaan Ummat

Ciamis.jurnalpolisi.co.id

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang terpilih nantinya harus berupaya membangun kepercayaan ummat, sehingga meningkatkan partisipasi ummat dalam penyampaian zakat dan sedekah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas di Gedung Sekolah SMPN 1 Ciamis, Senin (23/6/2020).

“Kepercayaan ummat terhadap Baznas harus dibangun, sebagai upaya peningkatan partisipasi ummat dalam penyampaian zakat dan sedekah,” katanya.

Ia mengungkapkan, Baznas memiliki potensi luar biasa apabila dioptimalkan, salah satunya dengan Jumlah penduduk di Ciamis lebih dari 1,3 juta jiwa menjadi potensi pemasukan untuk dikelola oleh Baznas.

“Kedepannya Kepengurusan Baznas yang terpilih harus bisa mengoptimalkan potensi penyerapan zakat, infaq dan shodaqoh di Kabupaten Ciamis, tentunya bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ucap Herdiat.

Setiap peserta yang mengikuti seleksi Capim Baznas Ciamis pastinya memiliki kredibilitas, namun dikarenakan mekanisme mengharuskan dilakukan seleksi maka prosedur harus tetap dijalankan.

“Terimkasih kepada pengurus Baznas Periode 2015-2020 yang telah memajukan Baznas Ciamis,” ucap Herdiat.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Seleksi Pimpinan Baznas Ciamis H Muhammad Aip Maptuh menjelaskan, Kegiatan Seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis sebelumnya pada tahap pendaftaran dimulai pada 13 April sampai 18 Juni 2020.

Dari tahapan tersebut terepilih 18 orang yang lolos secara administratif, ke-18 peserta tersebut dilanjutkan pada tahap seleksi tertulis yang dilaksanakan hari ini dan tes wawancara besok.

“Peserta yang hadir ada 16 orang dari 18 peserta yang lolos administratif, 2 orang lainnnya berhalangan hadir,” terang Aip Maptuh sapaan akrab Muhammad Aip Maptuh.

Aip Maptuh menjelaskan, seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis ini akan memilih 5 komisioner baru untuk kepengurusan Baznas Ciamis Periode 2020-2025.

“Secara normatif membutuhkan seleksi Capim dan akan menghasikan outpun 5 Capim,” jelasnya.

Setelah dinyatakan selesai kita akan meminta rekomendasi Baznas pusat, setelah turun rekomendasi akan dilangsungkan dengan pengesahan SK dan dilantik oleh Bupati Ciamis.

“Untuk Pengumuman Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan 26 Juli nanti,” tutur Aip Maptuh.

Ditempat yang sama, Kepala Kementrian Agama Ciamis, Agus Abdul Khalik menyampaikan, dengan dilaksanakannya seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis mudah-mudahahan tahapan seleksi menghasilkan pemimpin yang kompetitif dan memajukan Baznas Ciamis.

“Baznas Kabupaten Ciamis telah mencapai prestasi yang luar biasa, kita terus mengupayakan terobosan-terobosan zakat dan termasuk sedekah,” imbuhnya.

Adapun potensi pemasukan Baznas seperti zakat hasil pertanian, perdagangan, peternakan dan potenai ASN agar mencapai optimal.

“Dengan terpilih pimpinan baru, kedepannya harus siap mengghadapi tantangan dalam meningkatkan pendapatan-pendapatan dari masyarakat Ciamis tidak hanya Petani dan Pengusaha, termasuk ASN juga yang sudah nisob zakat harus dioptimalkan,” tutup Agus Abdul Khalik.

(Rustandi.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *