Puluhan Makam Di TPU Cikutra Bandung Longsor


Bandung, Jurnalpolisi.co.id

CIBEUNYING KALER BANDUNG- Sebanyak 29 makam di TPU Cikutra, Kota Bandung, rusak akibat longsor, Sabtu (2/5/2020). Longsor tersebut dikarenakan hujan deras turun hampir sepanjang hari pada Jumat (1/5/2020).

Berdasarkan pantauan Jurnalpolisi.Co.id area makam yang terdampak longsor berada di komplek E2 dan komplek F. Di komplek E2, setidaknya 12 makam roboh dan sebagian hanyut terbawa tanah yang longsor ke arah sungai.

Salah satu petugas TPU Cikutra, Soni, mengatakan, longsor tersebut telah terjadi sejak Jumat malam. Namun, dia dan warga sekitar baru mengetahuinya pada pagi hari tadi.

“Tadi subuh baru ketahuan. Dari jam 6 lah saya udah mulai beres-beres makam,” ungkapnya.

Hingga sekitar pukul 13.30 WIB, Soni mengatakan, sebanyak 10 makam di blok E2 yang hanyut sudah berhasil dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Saat ini pihaknya tengah mendata kerusakan di makam blok F.

“Sudah banyak keluarga yang dihubungi juga untuk kesepakatan pindah makam,” ungkapnya.
Area yang rusak terkena longsor di blok F mayoritas adalah jalan setapak. Tidak terlalu banyak makam yang terdampak di sana.
Namun, di sebrang blok F terdapat tanah wakaf yang turut rusak akibat longsor. Terdapat sejumlah makam di tanah yang cukup curam dengan kontur berundak tersebut.

“Kalau tanah wakaf itu tidak masuk ke data TPU Cikutra, secara lokasi masuk ke area ini tapi tidak terdata,” ungkapnya.
Soni mengatakan, longsor di area makam tersebut bukan terjadi untuk pertama kalinya. Longsor beberapa kali terjadi seiring dengan turunnya hujan deras.
Pungkas nya. (Yadi. Doleng).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *