Lecehkan Institusi TNI-Polri Lewat Medsos, Warga Pancaksuji Diciduk Polisi


MAJALENGKA jurnalpolisi.co.id

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, SIK, MSi menghimbau masyarakat dalam menggunakan media sosial (Medsos) dalam membuat postingan haruslah beretika, sopan, dan tidak melecehkan lembaga, apalagi lambang Negara.
“Bila tidak bijak dalam menggunakan Medsos bisa berakibat fatal, yakni menjalani hukuman sesuai Pasal 207 KUHPidana yang ancamannya bisa 1 tahun 7 bulan penjara. Seperti yang dialami seorang warga Desa Pancaksuji, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, berinisial KI (40) kini diamankan Tim Intel Kodim 0617/Majalengka, usai menghina TNI-Polri hingga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, lewat media sosial Facebook. Lalu tersangka KI kini harus menjalani proses hukum,” terang Kapolres Majalengka AKBP Mariyono didampingi Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf. Harry Subarkah dan Kasat Reskrim AKP M.Wafdan Muttaqin saat menggelar Konferensi Pers tentang tindak pidana pelaku penghinaan dengan tulisan terhadap intitusi negara yaitu TNI-Polri melalui Media Sosial Facebook, di Polres Majalengka, Kamis (30/1/2020).
Menurut Mariyono, pelaku KI (40) sebelumnya telah dimintai keterangan di Makodim 0617/Majalengka, kemudian pelaku langsung diserahkan ke Polres Majalengka, pada Sabtu (21/12/2019) untuk menjalani proses lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan para saksi, saksi ahli dan tersangka yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan masing-masing dan dikuatkan dengan adanya barang bukti yang dapat disita, maka perbuatan yang telah dilakukan oleh tersangka KI telah terbukti dalam pekara dugaan adanya penghinaan dengan tulisan terhadap intitusi negara yaitu Tentara Nasional Republik Indonesia melalui Media Sosial Facebook.
“Meski pelaku sudah menyampaikan permintaan maaf kepada anggota, kasus ini tetap diproses, dan saat ini berkas pelaku tersebut telah dinyatakan lengkap dan P.21 sekarang ini oleh Kejaksaan Negeri Majalengka dan akan segera dilimpahkan,” sebutnya.
Polisi pun kini mengamankan barang-bukti berupa 1buah handphone merk Advan type S40, warna casing Gold Hitam, No. Imei Slot 1: 353062074408249, Np. Imei Slot 2 : 35306207408246, 1 (satu) buah Simcard AS nomor: 082316670534, 1 (satu) buah Micro SD Merk V-Gen 8GB Nomor Seri R 4817306, beberapa screenshoot postingan di Media Sosial Facebook. (gan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *