Kapolsek Banjaran Kompol. Darwan HS,S.Sos, Kontrol Alarm Alat Peringatan Antisipasi Banjir Kamasan Di RW. 05 Desa Kamasan.


JP. Kabupaten Bandung

Kapolresta Bandung melalui Kapolsek Banjaran mengintruksikan kepada seluruh personil yang berdinas di fungsi Bhabinkamtibmas agar terus meningkatkan kewaspadaan kemudian cepat tanggap apabila terdapat titik rawan bencana alam di daerah binaannya masing – masing.

Terkait hal tersebut karena di Desa Kamasan Kec. Banjaran Kab. Bandung terdapat lokasi yang rawan terkena dampak luapan air sungai Cisangkuy, Bhabinkamtibmas Desa Kamasan AIPDA ASEP DH pun berinisiatif dan memberi gagasan untuk membuat sebuah alat yang bisa memberikan peringatan awal kepada warga apabila ada luapan air sungai yang berpotensi menimbulkan banjir.

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa, tokoh masyarakat juga warga sekitar, akhirnya terciptalah alat berupa Alarm peringatan banjir yang di pasang di pinggir gang dekat dengan saluran irigasi anak sungai Cisangkuy.

Alarm tersebut bekerja apabila ada luapan air sungai dengan ketinggian 10 Cm yang masuk ke dalam pipa kemudian pelampung yang terpasang di dalam pipa terdorong ke atas dan mengaktifkan alarm. Setelah alarm aktif keluarlah suara yang keras dari speaker sehingga memberikan peringatan awal kepada warga akan adanya luapan air dari anak sungai Cisangkuy.

Dengan terciptanya alarm deteksi banjir warga pun mengapresiasi dukungan dan perhatian Bhabinkamtibmas terhadap warga binaannya.( Suwandi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *