Anggaran Dana Desa ( DD ) thn anggaran 2016 desa Sukapura dibangunkan di wilayah BBWS

Bandung.jurnalpolisi.co.id – Anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan APBN oleh kementrian desa, mestinya mutlak untuk meningkatkan kwalitas seluruh desa di lndonesia melalui pembangunan sarana dan prasarana atau pemberdayaan masyarakat, berupa pembangunan non fisik yang diharapkan dapat menciptakan kwalitas sumber daya manusia yang mampu berdaya saing sehingga mampu menciptakan kemandirian dan membuka lapangan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.


kebijakan ini direalisasikan pemerintah pusat dengan tujuan untuk menanggulangi masyalah sosial skala nasional.
adapun untuk pelaksananya dalam hal pendistribusian dalam berbagai sektor selalu mendapat pendampingan dari berbagai fihak baik intansi dan lembaga terkait serta aparatur hukum.


ketentuan ini telah berlaku dan sifatnya mengikat bahkan masyarakatpun diharapkan turut andil berpartisipasi dalam hal pelaksanaan tersebut.
Namun lain halnya dengan Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, karena dengan dasar kesepakatan bersama LPMD dan BPD nya mereka gunakan untuk membangun Tembok penahan tanah ( TPT) di bantaran sungai yang merupakan hak mutlak dan absolut wilayah kerja BBWS ( Balai Besar Wilayah Sungai ) .


Pemerintah Desa Sukapura ini diduga telah menggunakan anggaran yang bukan pada semestinya,
bahkan menurut sumber hal ini pernah mendapatkan teguran dari fihak terkait, namun sampai saat ini masyalahnya tidak ada tindak lanjut, bahkan beliau telah tergantikan oleh kades baru di pilkades serentak 2019 lalu,
hal ini merupakan patut disoroti oleh berbagai kalangan/fihak yang berkompeten karena akan menjadi multitafsir atau pengecualian tentang fungsi dan penggunaan dana tersebut.


Biro Kab.Bdg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *