SAT BINMAS POLRES PURWAKARTA BERIKAN PENYULUHAN

Jurnal Polisi.Co.Id, Purwakarta – Sebagai perpanjangan tangan kepolisian Satuan Pengamanan adalah garda terdepan pengamanan di tempat mereka bertugas.

Tidak melulu di perusahaan, Satuan pengamanan juga banyak kita jumpai di perumahan perumahan, berbagai lembaga pendidikan, tempat perbelanjaan dan bahkan di tempat hiburan.

Guna menjaga profesionalitas dari Satpam, Sat Binmas Polres Purwakarta dengan dipimpin langsung oleh kasatnya AKP Ma’mun Murod beberapa hari yang lalu mendatangi Badan Usaha Jasa Pengamanan PT Raharja Putra Perkasa.

Dengan diterima langsung oleh Manajemen PT RPP pak Bambang dan Gunawan, kasat Binmas pada saat itu berkesempatan untuk menyampaikan beberapa arahan, terkait dengan profesionalisme Satpam dalam bertugas.

Dikatakan olehnya bahwa seorang Satpam seharusnya sudah memiliki pendidikan dasar yaitu Gada Pratama, karena di dalam materi pendidikan Gada pratama tersebut ada point point dasar penting sebagai seorang anggota Satpam.

“Gada Pratama adalah pendidikan dasar yang wajib dijalani oleh satu satunya anggota satpam, karena di dalam materi pendidikannya ada point dasar yang harus dikuasai oleh anggota satpam.” ungkapnya.

Ia melanjutkan, materi dasar yang terkandung dalam pendidikan Gada Pratama diantaranya memuat tentang tata cara baris berbaris yang benar, bela diri POLRI sebagai alat pertahanan, tata cara menerima tamu dan teknik patroli serta berbagai teknik dasar Kepolisian terbatas lainnya.

Materi materi tersebut nantinya akan berguna bagi anggota satpam dalam menjalankan tugas mereka untuk mengamankan wilayah kerjanya, dan hal tersebut tentunya juga memiliki manfaat yang besar dalam menjaga keselamatan dirinya dalam melakukan pengamanan.

Diakhir arahannya Kasat Binmas melalui Aiptu Asep Solihin mengungkapkan tentang pentingnya berpedoman pada perkap 24 thn 2007 dalam mengamankan wilayah tugasnya sehingga anggota satpam tidak keluar dari kewenangannya sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Kaitannya dengan hal hal tersebut Kanit Kamsa berharap sinergitas antara PT RPP sebagai BUJP dengan pihak kepolisian akan semakin erat sehingga profesionalitas dapat selalu ditingkatkan demi keamanan dan ketertiban masyarakat.

(Uding/Rachmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *